Internasional

Erdogan akan Berkunjung ke Jerman untuk Turunkan Ketegangan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) bersama Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: AFP/John MACDOUGALL)

Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan berkunjung ke Jerman pekan ini untuk menurunkan ketegangan antar kedua negara. Salah satu penyebab ketegangan adalah kritik Jerman terhadap tindakan Erdogan dalam merespons percobaan kudeta 2016.

Ini akan menjadi kunjungan resmi pertama Erdogan ke Jerman sejak menjadi presiden pada 2014. 

"Tujuan utama dari kunjungan ini adalah menurunkan ketegangan," kata Erdogan kepada media Turki, seperti dinukil dari AFP, Rabu 26 September 2018.

Erdogan akan mendarat di Berlin pada Kamis mendatang untuk berdiskusi dengan Kanselir Angela Merkel. Ia berencana menghabiskan waktu dua hari di Jerman.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dijadwalkan menyambut Erdogan dengan penyambutan ala militer dan jamuan makan malam kenegaraan di Istana Bellevue pada Jumat. 

Beberapa politikus oposisi bertekad memboikot acara penyambutan dan makan malam. Merkel juga disebut-sebut tidak akan hadir.

Sabtu mendatang, Erdogan berencana bertolak menuju Koln untuk membuka salah satu masjid terbesar di Eropa, yang dibangun oleh organisasi bernama Ditib.

Sejumlah kritikus menilai rencana kunjungan Erdogan ke Jerman dilakukan saat perekonomian Turki terpuruk dan hubungannya dengan Amerika Serikat memburuk.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close