Internasional

Erdogan Permudah Syarat jadi Warga Negara Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)

Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memutuskan untuk mempermudah syarat bagi warga negara asing yang ingin menjadi warga negara Turki.

Salah satu langkah baru yang ditetapkan Erdogan adalah memangkas kriteria keuangan dan investasi yang wajib dipenuhi oleh warga asing tersebut.

Awalnya, warga asing yang ingin mendapatkan kewarganegaraan Turki harus memiliki deposit sebesar USD3 juta atau setara dengan Rp44 miliar di bank Turki serta modal investasi sebesar USD2 juta atau setara dengan RP29 miliar.

Dikutip dari Hurriyet, Jumat 21 September 2018, kini Erdogan menurunkan semua syarat tersebut. Warga asing yang ingin menjadi warga negara Turki hanya perlu memiliki USD500 ribu atau setara dengan Rp7,4 miliar dan modal investasi dengan nilai yang sama pula yaitu USD500 ribu.

Selain itu, seorang individu asing juga bisa mendapatkan kewarganegaraan Turki ketika mereka bisa mempekerjakan 50 orang warga Turki. Jumlah itu diturunkan dari syarat semula yaitu 100 orang.

Cara lain adalah ketika seseorang bisa membeli properti senilai USD250 ribu atau setara dengan Rp3,7 miliar. Jumlah ini juga sudah diturunkan dari syarat awal yaitu USD1 juta atau setara dengan Rp14,5 miliar. 

Keputusan Erdogan ini diduga sebagai langkah Erdogan untuk mengangkat kembali nilai mata uang Lira yang terpuruk akibat sanksi tarif Amerika Serikat.

Erdogan juga memerintahkan agar kontrak penjualan maupun sewa properti, wajib dilakukan dalam mata uang Lira dan dilarang menggunakan mata uang asing. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close