Internasional

Erdogan Puji Sikap Ozil yang Mundur dari Timnas Jerman

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AFP).

Istanbul: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sikap pesepakbola Mesut Ozil sangat nasionalisme dan pribumi. Ozil, yang merupakan pemain keturunan Turki, memutuskan mundur dari tim nasional Jerman karena kritik yang ditujukan padanya.
 
"Pernyataan Ozil dan sikap yang dia ambil sepenuhnya bersifat nasional dan asli pribumi. Itu jauh melampaui semua penghargaan. Saya mengucapkan selamat kepadanya, karena rasialisme tidak seharusnya ditujukan padanya," ucap Erdogan kepada awak media, dilansir dari laman Hurriyet Daily News, Rabu 25 Juli 2018.
 
Dia mengatakan Ozil telah berkontribusi banyak untuk keberhasilan timnas Jerman. Menurutnya, kritikan terhadap Ozil hanya karena dia adalah imigran tidak dapat diterima.
 
Ozil lahir di Jerman dari ayah dan ibu keturunan Turki. Pada Mei lalu, dia berfoto dengan Erdogan yang kemudian menimbulkan pertanyaan atas kesetiaannya terhadap Negeri Bavaria tersebut.
 
Gelandang Arsenal ini mengundurkan diri dari skuad nasional karena mendapatkan ungkapan rasialisme dan ketidakhormatan dari berbagai pihak, termasuk dari Presiden Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) Reinhard Grindel.
 
Pesepakbola berusia 29 tahun ini mengatakan dirinya berfoto dengan Erdogan hanya untuk menghormati warisan leluhurnya dan tidak ada motif politik sedikit pun.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close