Erdogan Sebut AS Beri Tenggat Waktu Pembebasan Pendeta

  • Whatsapp
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP).

Istanbul: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebutkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberinya batas waktu pembebasan Pendeta Andrew Brunson. Tenggat waktu yang diberikan pada 15 Agustus mendatang.

"Amerika Serikat ingin kami membebaskan Pendeta Andrew Brunson dengan tenggat waktu hingga 15 Agustus," kata Erdogan, dilansir dari laman AFP, Senin 13 Agustus 2018.

Muat Lebih

Akibat penahanan Brunson, AS menjatuhkan sanksi ekonomi ke Turki. Amerika Serikat menaikkan dua kali lipat tarif dagang terhadap produk Turki.

"Jika ada dolar di bawah bantal Anda, ambil. Jika ada euro, ambil. Segera pergi ke bank dan tukarkan dengan lira. Dengan melakukan itu, kita berjuang dalam perang kemerdekaan," tegas Erdogan.

Ketegangan diplomatik AS dengan Turki telah membuat nilai lira turun 16 persen pada Jumat kemarin. Nilai lira juga sudah turun 40 persen tahun lalu.

Turki telah menahan Brunson selama hampir dua tahun. Ankara menuduhnya memiliki kaitan dengan Partai Pekerja Kurdistan dan gerakan Gulen, yang dituduh sebagai dalang di balik percobaan kudeta 2016.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *