Evaluasi PSBB di Jabar, Kasus Positif Covid-19 Rata-rata Menurun Setiap Hari

  • Whatsapp
Kurva PSBB Jabar sejak diterapkan hingga pekan terahir 19 Mei 2020. Foto: Instagram RK

INDOPOLITIKA.COM- Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat berjalan cukup efektif. Kasus positif Covid-19 secara harian rata-rata telah menurun sejak PSBB diterapkan di provinsi tersebut.

“Rata-rata kasus harian sebelum PSBB adalah 40 kasus. Puncaknya di 14 April 2020. Setelah PSBB, rata-rata  kasus harian adalah 21 kasus. Kurva melandai hampir setengahnya,” ungkap Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dalam akun instagramnya, Selasa (19/5/2020). .

Bacaan Lainnya

Kang Emil mengungkapkan, saat ini rata-rata kasus positif virus corona di level lokal yang sudah terlokalisir. Potensi gangguan jika banyak Orang Tanda Gejala (OTG) yang mudik dan berdatangan ke Jabar.

Kang Emil melanjutkan, kemacetan kendaraan atau kerumunan di jalan juga menurun drastic tinggal 30 persen. Namun minggu ini terjadi kenaikan lagi kemacetan karena sebagian wwarga tidak bisa menahan diri untuk berbelanja baju Lebaran di pasar-pasar.

“Walikota dan Bupati sudah diminta menutup pertokoan baju. Polri dan TNI sudah diminta untuk dua kali lipatkan pasukan di lapangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Bogor telah menutup sejumlah toko pakaian dan mengingatkan sejumlah warga yang datang ke Pasar Anyar, Kota Bogor. Saat itu, pasar sangat ramai dipadati ribuan orang yang ingin berbelanja pakaian untuk Idul Fitri.

“Mohon kepada warga dan pedagang. Lebaran tahun ini semuaw prihatin. Jadi semua kembali pulang ke rumah tidak usah berbelanja dulu. Kasih para dokter, para pasien yang sudah berjuang,” kata Bima melalui pengeras suara, Minggu (17/5/2020). (rma)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *