Politik

JK Harus Belajar dari Mandela

Indopolitika.com Mantan wapres, Jusuf Kalla (JK) diimbau untuk mempelajari kisah hidup tokoh Afrika Selatan, mendiang Nelson Mandela.

Pelajaran hidup dari tokoh dunia itu sangat bermanfaat bagi regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan di Indonesia.”Bayangkan, Nelson Mandela diminta rakyatnya menjadi presiden melanjutkan kepemimpinannya, tapi tidak mau,” jelas Pengamat politik, Fadjroel Rahman, saat dihubungi, Jumat (9/5).

Kalau mau, jelas Fadjroel, Mandela bisa menjadi presiden seumur hidupnya. Saat ini, regenerasi kepemimpinan hampir berjalan baik. Habibie yang pernah menjadi presiden sudah mengikhlaskan bangsa ini dipimpin orang lain. Begitu juga SBY, Megawati, dan Amin Rais.

“Tapi ini JK masih terkesan ingin memimpin negeri ini,” imbuh Fadjroel. Menurutnya hal ini bisa menghambat regenerasi.Keempat orang itu dinilainya adalah bagian dari orde baru. Sembilan puluh persen dari semuanya sudah mengikhlaskan bangsa ini dipimpin kader bangsa.

“Kalau bisa JK juga seperti mereka,” papar Fadjroel.Saat ini, Indonesia perlu dipimpin orang – orang yang lahir dari rahim reformasi. Bangsa ini membutuhkan pemimpin baru. Tujuannya untuk memutar roda kepemimpinan bangsa ini. Masyarakat nantinya akan semakin berpartisipasi aktif dalam pembangunan, jika dipimpin kader bangsa yang lebih baik. (ind/red)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close