Fadli Zon Lebih Suka Jokowi jadi Nama Ibu Kota Negara Baru Dibanding Nusantara

Wakil Ketua DPR RI asal Partai Gerindra Fadli Zon
Politisi Gerindra, Fadli Zon/net

INDOPOLITIKA.COM – Pilihan Presiden Jokowi memilih nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur rupanya tak terlalu disukai sebagian besar politisi. Nama itu dianggap multitafsir karena bisa dimaknakan ibu kota negara Nusantara.

Salah satu kritikan datang dari Politisi Gerindra, Fadli Zon. Melalui akun pribadinya di Twitter @fadlizon, anggota komisi I DPR RI itu menilai Nusantara kurang pas menjadi nama ibu kota negara.

Bacaan Lainnya

“Nusantara punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia, belum lagi ada ‘Wawasan Nusantara’,” kata Fadli Zon dikutip Indopolitika.com, Selasa (18/1/2022).

Lantas, anak buah Prabowo Suabianto yang berdarah Minang itu mengusulkan nama IKN yang baru sesuai dengan nama Presiden Jokowi.

“Usul saya nama ibu kota langsung saja “Jokowi”. Sama dengan ibu kota Kazakhstan “Nursultan” (dari nama Presiden Nursultan Nazarbayev),” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Jokowi memilih Nusantara sebagai nama IKN baru.

Suharso menyebut Nusantara dipilih karena kata tersebut telah dikenal sejak dulu. “Ikonik di internasional,” kata Suharso, di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, dari nama Nusantara diharapkan IKN Baru bisa menggambarkan kenusantaraan Indonesia.

“Mudah-mudahan dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” tegas Suharso. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.