Nasional

Ferry Batara: Pemerintah Harus Jadikan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Bacaleg DPR RI Dapil Jawa Barat VI, Ferry Batara, mengatakan Peringatan Hari Maritim Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Agustus tidak kalah pentingnya dari HUT kemerdekaan Indonesia. Karena Indonesia memiliki sejarah panjang yang patut dibanggakan di bidang kemaritiman.

Ferry Batara menjelaskan bahwa secara historis, Indonesia merupakan negara maritim yang disegani. Beberapa kerajaan dahulu mencapai puncak kejayaannya karena ditopang oleh kemajuan di bidang kemaritimannya. Misalnya, Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Banten, Samudra Pasai hingga Kerajaan Demak adalah sebagian pemerintahan yang berbasis maritim.

Indonesia kaya akan laut, sungai dan sistem perekonomian ditopang oleh budaya bahari. Bahkan 75 persen wilayah Indonesia adalah laut. Untuk itu, Ferry Batara mendorong pemerintah untuk menjadikan Indonesia dijadikan sebagai poros maritim dunia.

“Bangsa Indonesia harus bersyukur, karena diberikan kekayaan gunung, ladang, sungai, rawa dan laut yang luas. Tugas pemerintah sekarang, bagaimana semua sumberdaya alam itu mampu mensejahterahkan rakyatnya. Agar tidak sia-sia, tentu pemerintah mau tidak mau harus menjadikan Indonesia sebagai poros maritim di dunia. Paradigma pembangunan berbasis maritim harus mulai digelorakan,” ujar Ferry Batara.

Ferry Batara minta pemerintah ke depan lebih fokus lagi dalam membangun dan menumbuhkembangkan perekonomian maritim. Selain itu, Bacaleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini juga menginginkan tumbuhnya kawasan industri maritim yang nantinya bisa menyerap tenaga kerja yang banyak.

“Intinya, saya harap di Indonesia tumbuh Industri Agro Maritim yang terpadu. Juga infrastruktur energi, perikanan dan budidaya laut harus memadai, kemudian sistem dan manajemen distribusi dan trading juga harus terintegrasi. Tentu saja bisa mensejahterakan rakyat,” jelasnya.

Ferry juga menekankan pentingnya merevitalisasi Infrastruktur fasilitas pelabuhan dan armada kapal. Pembenahan manajemen transportasi laut dan sungai agar terpadu dan modern.

“Yang tak kalah penting adalah menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju di bidang maritim dan menjadi pusat ekonomi bahari dan industri maritim di dunia,” tutup Ketua PSI Kota Depok ini. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close