Internasional

Film Indonesia Mulai Rambah Pasar Tiongkok

Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun (tengah) dalam pemutaran empat film Indonesia di Beijing. (Foto: KBRI Beijing)

Beijing: Film-film Indonesia mulai.merambah pasar internasional. Empat film karya sineas Tanah Air telah diputar di China Film Archive, Beijing, Tiongkok, akhir pekan kemarin.

Keempat film itu adalah Cek Toko Sebelah, Kartini, Galih dan Ratna, serta Sweet 20.

Melalui serangkaian seleksi ketat dari China Film Archieve, keempatnya diizinkan tayang di Negeri Tirai Bambu. Keberhasilan ini dianggap suatu kemajuan, mengingat Tiongkok sangat ketat dalam penyensoran film-film asing.

"Film adalah cerminan kehidupan sosial budaya masyarakat dan dapat menginspirasi seseorang untuk mencapai cita-citanya. Film juga merupakan media yang dapat mempererat people-to-people contact antara Indonesia-Tiongkok," kata Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, dikutip dari pernyataan KBRI Tiongkok, Senin 24 September 2018.

Kegiatan pemutaran film Indonesia ini merupakan kerja sama Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dengan China Film Archive dan didukung sepenuhnya oleh KBRI Beijing. 

Kerja sama di bidang perfilman antara Indonesia–Tiongkok diharapkan semakin memajukan pembangunan dan kemampuan industri perfilman kedua negara. 

Sebagai tindak lanjut kerja sama ini, Pemerintah Indonesia juga akan memberi kesempatan bagi film Tiongkok untuk dapat diputar di Indonesia pada ajang Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia di Bali pada November mendatang.

Dalam dialog dengan Dubes RI beberapa jam sebelum acara dimulai, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif Josua Simanjuntak telah menyampaikan rencana kerja sama untuk memasarkan film Indonesia di Tiongkok. 

Kegiatan pemutaran film Indonesia ini merupakan salah satu upaya mempromosikan ekonomi kreatif Indonesia, terutama film, di Tiongkok. Kegiatan ini juga sebagai implementasi nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Perfilman antara Indonesia-Tiongkok yang ditandatangani pada November 2017 di Solo.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close