Partai Politik

Formasi Kabinet, Jokowi Masih Harus Akomodir ‘Lobi’ Ketum Parpol  

  • Whatsapp
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

INDOPOLITIKA- Presiden Jokowi masih harus bertemu dan berdialog dengan para Ketua Umum Parpol sebelum memutuskan formasi untuk kabinet pemerintahanya bersama Wapres Maaruf Amin kelak.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, struktur kabinet itu sebenarnya sudah masuk tahap finalisasi. Presiden Jokowi pun sudah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnorputri terkait susunan menterinya kelak.

Baca Juga:

“Keputusan akhir bergantung pada dialog antara Presiden dengan para ketua umum partai politik. Serta momen tepat usai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang,” ujarnya.

Hasto tidak menampik bahwa seluruh partai politik memiliki target tersendiri dalam penempatan jabatan. Nah, disinilah dialog tersebut dilakukan. “Dan Pak Jokowi memiliki hak prerogatif untuk itu,” kata Hasto.

Hasto menjelaskan, finalisasi formasi kabinet tetap dilakukan antara Jokowi dengan Megawati Soekarnoputri. Termasuk juga pembicaraan menyangkut calon-calon menteri yang berasal dari PDIP. Meski demikian, dia mengaku masih belum bisa membocorkan nama-nama calon menteri yang akan membantu kinerja presiden karena masih dalam proses dialog.

Sebelumnya, struktur kabinet yang akan membantu Presiden Jokowi dalam periode kedua pemerintahan sudah final disusun. Menurut Presiden Jokowi, daftar kabinet tinggal diumumkan dengan komposisi 55 persen profesional dan 45 persen dari partai politik.

Selain didominasi profesional, kabinet Jokowi juga akan ada menteri yang berusia di bawah 30 tahun yang bukan berasal dari unsur partai politik. Menteri muda ini rencananya juga akan memimpin kementerian lama.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *