Foto: Penampakan Masjid Terbakar, Kendaraan dan Korban Dampak Rusuh di India

  • Whatsapp
Penampakan Masjid Faroqiya di Mustafabad yang diduga dibakar, oleh kelompok Hindutva. Foto: Avichal Dubey

INDOPOLITIKA.COM – Bentrokan di manapun terjadi selalu menyisahkan duka maupun korban jiwa. Pun demikian bentrokan di India beberapa hari lalu. Selain puluhan nyawa melayang dan puluhan lainnya terluka, bentrokan tersebut juga mengakibatkan Masjid hingga sekolah rusak.

Foto maupun video yang diunggah salah seorang aktivis kemanusiaan, Arjun Sethi di laman twitternya, menggambarkan betapa memilukan peristiwa ini. “Sebutlah nama mereka. Lihatlah wajah mereka. Ini adalah korban pogrom anti-Muslim di Delhi. Jumlah kematian yang diketahui adalah 34 kemarin. Sekarang 42 orang. Angka sebenarnya jauh lebih tinggi,” tulis Arjun membubuhi keterangan terhadap wajah tiga orang yang diduga korban meninggal dalam peristiwa ini.

Bacaan Lainnya

Arjun juga mengunggah video kekerasan yang diterima umat Muslim yang meski dalam kondisi terluka, tetap diintimidasi oknum polisi setempat. Sambil direkam menggunakan ponsel, para polisi ini nampak menendang dan melayangkan pukulan ke arah lima warga yang sudah terbaring lemas.

Salah seorang warga yang nampak masih kuat, menjadi sasaran siksaan para oknum polisi ini. Ada juga video detik-detik beberapa remaja mencopot kubah masjid dan menggantikanya dengan sebuah bendera. Sebelumnya, penulis yang juga pengacara HAM itu mengunggah detik-detik warga mengungsi dengan membawa barang seadanya.

“Video memilukan tentang Muslim di Delhi yang melarikan diri dari rumah mereka, membawa barang-barang mereka. Kekerasan massa Hindutva telah membuat warga banyak mengungsi hanya dalam hitungan hari. Modi & Trump memiliki darah lagi,” tulisnya melampirkan keterangan video tersebut seperti dikutip indopolitika.com, Sabtu, (29/2/2020).

Masjid dan Sekolah Terbakar

Sementara itu, penampakan masjid terbakar seperti dikutip di laman thewire.in, cukup mengenaskan. Masjid Faroqiya di Brijpuri Puliya dekat Mustafabad di Delhi tersebut diduga dibakar pada Selasa oleh gerombolan Hindutva. “Setidaknya menurut para pengamat,” tulisnya.

Sekolah di samping Masjid, Sekolah Menengah Tinggi Modern Arun juga dibakar. Penduduk setempat, saat diwawancara The Wire, bahwa ada anak-anak di dalam Masjid dan sekolah pada saat itu. Massa Mengunci pintu dan tidak membiarkan siapa pun keluar.

Langkah penyelamatan diatur oleh penduduk setempat di daerah itu melalui pintu belakang, tetapi seorang anak mengunci dirinya di kamar mandi setelah terluka akibat serangan gerombolan itu. Karena ada baku tembak yang sedang berlangsung di lokasi sampai larut malam, penduduk setempat tidak dapat menyelamatkan anak tersebut sampai jam 10 malam.[asa]

Warga melihat kondisi Masjid Faroqiya di Mustafabad yang diduga dibakar, oleh kelompok Hindutva. Foto: Avichal Dubey
Penampakan Masjid Faroqiya di Mustafabad yang diduga dibakar, oleh kelompok Hindutva. Foto: Avichal Dubey
Kondisi salah satu wilayah usai bentrokan. Photo
@Junaidbhatphoto

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *