Gadis 15 Tahun Asal Sumut Kabur dari Rumah Majikan di Malaysia

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina, yang didampingi Kadis PPPA Sumut Nurlela dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Muhammad Ikhsan, sedang mewawancarai Sondang Rohana, di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, Malaysia, Sabtu (26/10).

INDOPOLITIKA.COM– Salah seorang pekerja migran dibawah umur asal Berastagi, Sumatera Utara bernama Sondang Rohana (15), dikabarkan kabur dari rumah majikanya, di Penang Malaysia. Dia ditemukan warga di sekitar Taman Pekaka, yang lantas diantarkan ke KJRI Penang oleh WNI yang menemukannya. Paspor dan juga HP bahkan ditahan majikanya.

Mendapati permasalahan ini, KJRI Penang lantas mengirim surat ke Pemprov Sumut untuk menjemput gadis bernama lengkap Sondang Rohana Agustina Pasaribu, kelahiran 5 Agustus 2004 ini. Tak butuh waktu lama, tim Pemprov Sumut pun langsung menuju ke KJRI Penang guna menyelesaikan permasalah itu, pada Sabtu (26/10/2019).

Baca Juga:

“Tujuannya, tim akan mengurus segala keperluan administrasi untuk pemulangan Sondang,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina, yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Muhammad Ikhsan, melansir laman sumutprov.go.id.

Selain itu, katanya, Tim Pemprov Sumut juga melakukan lobi kepada majikan korban yang bernama Tan Eng Cong, di daerah Taman Pekaka Pulau Penang, Nomor 17. Tujuannya, agar passport dan hak-hak Sondang yang sudah bekerja selama ini, dapat segera diberikan.

“Tim juga memediasi Sondang dengan majikannya, agar passport dan hak-haknya segera dapat diberikan,” ungkap Sabrina

Diketahui awalnya, korban diajak ke Malaysia oleh sponsor yang masih saudara sepupuk ibu dan dibuatkan paspor Imigrasi Tanjung Balai. Kemudian berangkat ke Malaysia para 10 April 2019 naik feri ke Port Klang. Sesampainya di Port Klang dijemput agen Malaysia atas nama Juliana dan dibawa ke rumah majikan bernama Tan Eng Cong, di daerah Taman Pekaka Pulau Penang, Nomor 17.

“Kemudian, pada 22 Oktober 2019, yang bersangkutan melarikan diri dari majikan dan di antar ke KJRI Penang oleh WNI yang menemukannya di sekitar Taman Pekaka,” terang Sabrina.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *