Gandeng KPK, Menteri Tito Ingin Cegah Penyelewangan Anggaran Daerah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, menggelar kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kerjasama ini dimaksudkan untuk mencegah penyelewengan anggaran yang akan ditransfer ke daerah.

“Ini dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Kemendagri dan KPK dalam rangka pengelolaan, pengawasan, pembinaan anggaran negara yang ditansfer ke daerah,” ujar Tito di gedung Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga:

Tito mengatakan, diperlukan pengawasan yang ketat agar dana sebesar itu bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat melalui berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, Kemendagri bekerja sama dengan KPK untuk memastikan tak ada penyelewengan dalam penggunaan dana tersebut.

“Kita tahu bahwa tahun depan itu lebih kurang Rp 800-an triliun angaran yang akan ditansfer ke daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota. Ini memerlukan pembinaan agar tepat sasaran,” kata Tito.

Tito mengatakan, Kemendagri dan KPK akan bekerja sama dalam mengawasi perencanaan penggunaan dana transfer daerah, penyalurannya, hingga manajemen aset yang diperoleh dari dana tersebut.

“Ada delapan elemen yang diintervensi atau diawasi. Mulai dari perencanaan, kemudian dana desa, manajemen aset dan hal-hal lain,” papar Tito.

Tito mengatakan KPK banyak memberi masukan terutama agar ada pembinaan dan pengawasan mulai dari perencanaan, manajemen aset dan lainnya. Masukan dari KPK ini, kata dia, bakal disampaikan kepada seluruh kepala daerah di Indonesia.

“Maka di bulan Desember kami akan melakukan musyawarah mengundang seluruh kepala daerah untuk menyampaikan prioritas-prioritas yang perlu dilaksanakan oleh daerah dalam perencanaannya, menyinkronkan, dan mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan,” kata dia.

Sementara itu, Alexander Marwata menuturkan kerja sama antara KPK dan Kemendagri selama ini berjalan baik. “Nanti ke depan akan kami teruskan,” ujarnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *