Gangguan Alam Ekstrem, Ketua DPR Minta BPBD Siaga

  • Whatsapp

Indopolitika.com – Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di semua daerah untuk segera konsolidasi dan meningkatkan kesiapsiagaan untuk merespons gangguan alam yang cukup ekstrem dalam beberapa hari belakangan ini. Banjir dan gempa bumi terjadi di sejumlah daerah dan telah menelan korban jiwa.

Ketua DPR terus mencermati peristiwa gangguan alam ekstrem yang terjadi di sejumlah daerah, seperti halnya di Jakarta dan Bengkulu. Kesiapsiagaan aparat BPBD sangat diperlukan agar mampu memberi pertolongan pertama kepada warga yang terdampak banjir atau kerusakan akibat gempa bumi.

Muat Lebih

Selain di Jakarta, bencana banjir juga melanda dua kelurahan di Tanjungpandang, Kabupaten Belitung, sedangkan di provinsi Bengkulu dan Pemalang di Jawa Tengah, terjadi banjir bandang yang menelan korban jiwa.

Sepanjang akhir pekan lalu, gempa bumi terjadi di Bengkulu, Kabupaten Puncak dan Manokwari di Papua, serta Banggai Kepulauan di Sulawesi. Kendati rententan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun aparat BPBD diminta tetap waspada dan siaga.

Untuk mendapatkan gambaran tentang perubahan cuaca dalam beberapa hari ke depan, petugas BPBD disarankan untuk menyimak perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, Ketua DPR juga berharap, pemerintah daerah memberi perhatian khusus kepada warga yang terpaksa tinggal di pengungsian akibat banjir. Selain makanan, warga yang mengungsi butuh air bersih, selimut hingga obat-obatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *