Pilkada

Gapoktan Dukung Padil Karsoma Pimpin Purwakarta

Purwakarta, indopolitika.com — Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, menyatakan dukungan kepada calon bupati nomor urut satu Padil Karsoma. Dukungan kepada mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta ini bukan berarti tanpa alasan. Bagi mereka, Padil Karsoma adalah sosok yang bisa dijadikan harapan untuk memajukan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan di Kabupaten Purwakarta.

“Apabila Pak Padil Karsoma terpilih mohon agar perhatian terhadap Gapoktan ditingkatkan dengan bantuan-bantuan,” kata H. Lili, koordinator Gapoktan se-Kecamatan Pondok Salam, di Selamat Villa, Desa Situ, Kamis (1/3/2018).

Senada dengan H. Lili, Oman Ketua Gapoktan dari Desa Sukajadi berharap pemerintah Purwakarta mendatang harus lebih memperhatikan Gapoktan, khususnya memfasilitasi pembuatan saluran air (irigasi) untuk mengairi sawah.

Di tempat yang sama, Endang, Ketua Gapoktan Desa Salam Mulya berharap kedepannya pemimpin Purwakarta bisa memberikan solusi untuk mengatasi penyakit tanaman padi di daerahnya. Selain pertanian, sektor peternakan khususnya domba dan perikanan juga harus diperhatikan.

Menanggapi keinginan Gapoktan di Kecamatan Pondok Salam, Padil Karsoma mengatakan penghidupan masyarakat Purwakarta yang sebagian besar hidup dari pertanian harus dioptimalkan.

“Purwakarta Kabupaten agraris namun ironis tidak optimal, lalu kemana anggaran pemerintah untuk sektor pertanian selama ini. Hal tersebut karena pemerintah tidak concern terhadap sektor pertanian. Saya juga nanti akan memastikan pembangunan sesuai dengan peruntukan ruang. Jangan sampai, lahan produktif menjadi lahan untuk pabrik,” terang Padil kepada para pengurus Gapoktan yang hadir.

Padil Karsoma menegaskan, jika nantinya terpilih akan mengintegrasikan kebijakan sektor pertanian di Purwakarta dengan Provinsi dan Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Padil Karsoma juga memaparkan salah satu misinya untuk memajukan Purwakarta, yaitu “Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pemberdayaan Masyarakat”, dengan tujuan dan sasaran pembangunan sebagai berikut:

1. Mengembangkan usaha ekonomi rakyat, dengan sasaran: Berkembangnya koperasi, usaha kecil, dan menengah;
2. Meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat, dengan sasaran: Meningkatnya ketahanan pangan pertanian dan perkebunan;
3. Mengembangkan agribisnis dan minapolitan, dengan sasaran: Meningkatnya hasil produksi pertanian/perkebunan, peternakan dan perikanan.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close