Gawat, 78 WNI Kru Kapal Pesiar Diamond Princess Ikut “Dikarantina”, Terinfeksi Corona Virus?

  • Whatsapp
Kapal pesiar yang harus dikarantina, akibat penumpang positif terinfeksi virus corona. Foto: Tangkapan layar Courtesy TV Tokyo.

INDOPOLITIKA.COM – Wabah Corona Virus mengancam keselamatan ribuan penumpang dan awak kapa pesiar Diamond Princess yang tengah dikarantina di perairan Jepang saat ini. Sejauh ini, setidaknya sudah ada 61 penumpang dinyatakan positif terinfeksi.

Sementara ribuan penumpang lainnya menunggu masih terkurung. Termasuk di kapal mewah ini, ada juga WNI yang berjumlah 78 orang. Bagaimana nasib mereka ini?

Bacaan Lainnya

The Diamond Princess, yang dioperasikan oleh Princess Cruises, sudah dikarantina sejak dua minggu lalu, setelah tiba di Yokohama pada hari Senin. Dalam perjalanan tersebut, seorang pria yang turun di Hong Kong didiagnosis dengan virus tersebut.

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan dalam konferensi pers, sebelumnya mengatakan, bahwa 41 orang di kapal itu dinyatakan positif mengidap virus corona pada Jumat, (7/2/2020) sehingga total kasus yang dikonfirmasikan menjadi 61 hingga saat ini. Sebanyak 21 orang yang terjangkit tersebut adalah warga Jepang.

Sementara KBRI Tokyo mengatakan,¬† telah berkoordinasi dengan otoritas setempat. Terdapat 78 kru WNI yang bekerja dalam Kapal Diamond Princess. ” Keseluruhan WNI tersebut saat ini dalam keadaan sehat. KBRI juga telah menjalin komunikasi dengan para kru WNI untuk memantau kondisi mereka dan memberikan bantuan yang diperlukan,” jelas KBRI dalam keterangan tertulisnya.

“Sesuai protokol kesehatan, proses karantina dilakukan selama 14 hari terhitung sejak 5 Februari 2020. Pihak kapal telah menyediakan kebutuhan logistik, layanan telepon dan internet gratis¬†untuk memudahkan awak dan penumpang berkomunikasi dengan keluarga,” tambahnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *