Gawat! Data Nasabah BRI Life Bocor dan Dijual di Internet, Ada Foto KTP Hingga Hasil Laboratorium

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Data nasabah asuransi BRI Life dikabarkan bocor dan dijual bebas di forum-forum online. Data-data yang bocor itu sangat berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah, karena di dalamnya termasuk foto KTP, nomor NPWP, dan bahkan hasil pemeriksaan kesehatan di laboratorium.

Akun twitter @UnderTheBreach, pada Selasa (27/7/2021) menuliskan bahwa data nasabah yang bocor bersifat sensitif. Ada kurang lebih dua juta nasabah yang datanya bocor dengan 463 ribu dokumen berhasil dibajak para peretas.

Berita Lainnya

Akun itu juga menyebut, para peretas memiliki video berdurasi 30 menit yang berisikan cara para peretas mengambil data sebesar 250 GB.

Para peretas dikabarkan menjual data-data nasabah BRI Life tersebut dengan harga 7 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau senilai Rp101,4 juta.

BRI Life sendiri mengatakan pihaknya sedang memeriksa laporan soal peretasan dan kebocoran data tersebut.

Corporate Secretary BRI Life, Ade Ahmad Nasution menegaskan, BRI Life tidak pernah memberikan data pribadi para nasabahnya kepada pihak manapun.

“BRI Life tidak pernah memberikan data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya dalam pernyataan resmi, Rabu (27/7/2021).

BRI Life, sambung Ade, berkomitmen terus memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi masyarakat Indonesia dan terus mengembangkan penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini sedang menyelidiki dugaan data nasabah PT Asuransi BRI Life yang bocor.

“Sedang kami investigasi,” kata juru bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, dikutip dari Antara, Rabu, (28/7/2021).

Saat ini, kasus tersebut juga sedang ditangani Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri.

“Sedang dilidik Dittipideksus,” kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Rabu, (28/7/2021). [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *