Gawat! Laut Cina Selatan Memanas, AS Kerahkan Pesawat Bomber dan 7 Kapal Selam, PD III?

  • Whatsapp
Submarine USS Alexandria (SSN 757)

INDOPOLITIKA.COM – Situasi di Laut Cina Selatan makin memanas, setelah sebelumnya Pesawat Bomber B-1B Lancer angkatan udara Amerika Serikat dikabarkan terbang di atas perairan dekat Cina. Terbaru, AS mengirim tujuh kapal selam milik AL ke Laut China Selatan.

Menurut salah satu tokoh penting dalam AL AS, kapal-kapal itu sengaja disiagakan dengan tujuan untuk memastikan kebebasan dan mengimbangi operasi Cina di kawasan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Operasi kami adalah pertunjukan kesediaan kami untuk membela kepentingan dan kebebasan kami di bawah hukum internasional.” kata Laksamana Muda Blake Converse, komandan sub-pasukan Pasifik yang bermarkas di Pearl Harbor, Selasa (19/5/2020), seperti dilansir Express.

Kapal selam yang disiagakan itu termasuk empat kapal selam penyerang (attack submarines) yang berbasis di Guam, USS Alexandria, yang berbasis di San Diego dan beberapa kapal yang berbasis di Hawaii.

Attack submarines merupakan kapal selam yang dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah tomahawk. Kapal selam jenis ini mampu melakukan pengawasan rahasia.

Selain kapal selam, AL AS juga telah menyiagakan armada kapal perang di Pasifik Barat sebagai unjuk kekuatan di kawasan. Langkah ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dengan Cina di Laut Cina Selatan dan di tengah cekcok kedua ekonomi terbesar di dunia itu soal virus corona baru penyebab Covid-19.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu belakangan Cina terus meningkatkan aktivitas di Laut Cina Selatan. Cina juga terus memperluas kendali atas sebagian besar wilayah di perairan tersebut dengan membangun pulau-pulau buatan atau pulau reklamasi.

Cina juga diyakini telah melakukan aktivitas yang mengganggu negara-negara lain di kawasan, seperti yang baru-baru ini dilakukannya terhadap kapal eksplorasi minyak yang dikontrak oleh perusahaan energi negara Malaysia, Petronas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *