Internasional

Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk McCain

Senator Amerika Serikat (AS) John McCain wafat pada 25 Agustus 2018 (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) mendapat kritikan pedas karena tak melontarkan pujian mengenai kepahlawanan mendiang Senator John McCain. Usai kritikan tersebut, Trump memerintahkan Gedung Putih mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormatinya.
 
Baca juga: John McCain akan Dimakamkan Pekan Depan.
 
Bendera dikibarkan di beberapa bangunan Gedung Putih secara penuh pada Senin kemarin. Semua hal tersebut terlihat sangat normal, padahal pahlawan Amerika yang sempat menjadi tawanan saat Perang Vietnam itu meninggal dunia.
 
Dilansir dari BBC, Selasa 28 Agustus 2018, Trump memang menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya McCain. Namun, dia tidak menyebutkan satupun ucapan untuk mengenang jasa dan kehidupan veteran perang itu.
 
Trump bahkan melarang Gedung Putih mengeluarkan pernyataan resmi berisi pujian untuk sang veteran, alih-alih dia malah mengunggah ungkapan belasungkawa tersebut lewat Twitter. Padahal sang veteran juga merupakan mantan calon presiden AS dari Partai Republik.
 
Setelah mendapat kritikan, Trump akhirnya mengeluarkan pernyataan mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati McCain.
 
"Meski pun kami memiliki perbedaan politik dan peraturan, saya menghargai jasa Senator John McCain untuk negara kita, dan saya menghormatinya, dan telah memproklamirkan untuk mengibarkan bendera Amerika Serikat setengah tiang hingga hari pemakamannya," ucap Trump.
 
Baca juga: John McCain Minta Bush dan Obama Pidato di Pemakamannya.
 
Dia juga mengonfirmasi laporan bahwa dirinya tidak akan hadir dalam pemakaman McCain pekan depan. Namun, ucap Trump, anggota lain dalam pemerintahannya, termasuk Kepala Staf Gedung Putih dan Menteri Pertahanan Jim Mattis akan hadir dalam upacara pemakaman McCain.
 
Sementara itu, mantan Presiden George W Bush dan Barack Obama akan memberikan penghormatan saat upacara pemakaman pada Sabtu depan di Gereja National Cathedral. Begitu pula dengan Wakil Presiden Mike Pence yang akan memberikan pidato untuk menghormati sang senator pada Jumat mendatang.
 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close