Gelar Operasi Deraku Cartenz 2021, Ribuan Petugas Gabungan Dikerahkan ke Empat Area PON XX Papua

  • Whatsapp
Operasi Deraku Cartenz 2021

INDOPOLITIKA.COM – Sejumlah 9.360 personel gabungan dari TNI, Polri dan mitra akan dikerahkan dalam rangka menjamin keamanan PON XX 2021 di Papua selama 30 hari mulai tanggal 17 September sampai dengan 18 Oktober 2021.

Dalam apel gelar pasukan pengamanan PON XX 2021, Direktur Pengamanan Objek Vital Baharkam Polri, Brigjen Pol Suhendri mengatakan, Apel ‘Operasi Deraku Cartenz-2021’ ini untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan pengamanan PON, terutama terkait kelengkapan peralatan, sarana prasarana dan kesiapan masing-masing institusi yang terlibat, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Berita Lainnya

“Selama 30 hari, mulai 17 September-18 Oktober, operasi ini akan digelar dengan kekuatan 9.360 personel. Terdiri dari 4.450 anggota Polri, 2.665 anggota TNI, 1.875 anggota TNI VVIP, 730 personel mitra,” kata Suhendri, Minggu (19/9/2021).

Ribuan personel itu akan berdinas di kawasan Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Empat daerah itu juga menjadi lokasi pertandingan, serta penginapan atlet dan delegasi. Aparat juga akan mengamankan tempat-tempat kegiatan masyarakat lainnya.

Aktivitas masyarakat ini berimplikasi terhadap arus pergerakan orang, mobilitas transportasi serta peningkatan keamanan Di seluruh area tempat pertandingan pada jelang, saat, dan setelah PON XX. Peningkatan mobilitas ini akan menjadi gangguan apabila aparat tidak bekerja dengan baik.

“Melalui apel pengecekan ini diharapkan rencana operasi yang telah disiapkan dengan matang dan cepat, dapat dilaksanakan secara baik dan mampu menjaga sinergitas seluruh stakeholder sebagai penyelenggara Operasi Deraku Cartenz 2021 dalam rangka pengamanan PON XX tahun 2021 sehingga dapat berjalan sukses. Kita berharap para atlet dan masyarakat mengikuti jalannya pertandingan secara aman, tertib, nyaman dan penuh khidmat,” kata Brigjen Pol Suhendri.

Tak hanya soal keamanan, Pemprov Papua pun berharap ada efek positif usai pelaksanaan PON, seperti pesatnya perekonomian Papua lewat kelahiran UMKM. Sesuai dengan visi Gubernur Papua yakni kebangkitan, kemandirian dan kesejahteraan Papua, maka UMKM setempat harus bangkit dan mandiri di negerinya sendiri.

“Dalam menghadapi tugas mulia ini saya harapkan agar para aparat dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan kontingen, tampilkan sikap humanis, hindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan,” tutup Dirpam Obvit Baharkam Polri Brigjen Pol Suhendri. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *