Gelar Rapim, TNI-Polri Bahas Pilkada Serentak dan PON Papua 2020

  • Whatsapp
Kapolri Idham Azis, bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

INDOPOLITIKA.COM – TNI-Polri menggelar rapat pimpinan (rapim) yang dilaksanakan di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). Rapat tersebut memfokuskan pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua 2020.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, dua agenda besar tersebut akan menjadi tanggung jawab aparat keamanan. TNI-Polri pun menjamin kesiapan keamanan dalam dua agenda besar di tahun ini.

Baca juga:

“Kami siap mengamankan dan kami mampu mengawal dalam rangka membantu pembangunan nasional,” kata Hadi di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Hadi menegaskan, selain sinergisitas TNI-Polri dalam menghadapi dua agenda besar itu, TNI-Polri juga diminta menjaga netralitas dalam Pilkada serentak.

Hadi juga meminta seluruh anggota TNI-Polri untuk mengantisipasi sejumlah kerawanan saat perhelatan Pilkada berlangsung dan meningkatkan kepekaan dan kepedulian untuk melakukan pencegahan dini atas pemetaan kerawanan.

“Waspadai kerawanan pemilu, politik identitas, kerawanan di sosmed,” lanjut Hadi.

Karena itu, Hadi meminta, aparat TNI-Polri tetap menjaga kepercayaan masyarakat. “Bencana alam dan eksploitasi sumber daya alam juga menjadi atensi. Setelah musim penghujan akan terjadi kekeringan yang berdampak pada gagal panen di masyarakat,” tambah Hadi.

Hal yang sama juga dilontarkan, Kapolri, Jendral Idham Azis menuturkan, TNI-Polri siap mengamankan kedua agenda besar itu. “Polri juga sudah ada satuan tugas untuk mendukung semua program ini,” tutur Idham.

Karenanya, Kapolri menekankan pentingnya terus membangun sinergitas antara TNI-Polri. Semangat itu harus menyatu baik di seluruh jiwa raga prajurit dan personel aparat keamanan.

“Saya tekankan sinergitas TNI-Polri harus mengkristal dalam pikiran, perasaan dan perbuatan,” tutup Idham.[ab]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *