Internasional

Gelombang Panas, Suhu di Jepang Lampaui 40 Derajat Celcius

Seorang wanita menggunakan payung di tengah cuaca panas di Tokyo, Jepang, 23 Juli 2018. (Foto: AFP/MARTIN BUREAU)

Kumagaya: Suhu panas di Jepang secara perlahan mulai merembet ke wilayah yang lebih luas hingga ke Korea Selatan. Gelombang panas di Jepang sejauh ini telah menewaskan puluhan orang.

Dilansir dari Associated Press, Temperatur di Jepang pada Senin 23 Juli 2018 mencapai 41,1 derajat Celsius di kota Kumagaya. 

Suhu tersebut memecahkan rekor sebelumnya, yakni 41 derajat Celcius di kota Ekawasaki pada 12 Agustus 2013.

Di daerah barat Tokyo, Ome, suhu mencapai 40,3 derajat celcius, pertama kalinya area metro Tokyo mencapai suhu diatas 40 derajat celcius.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa rekor ditetapkan oleh 13 stasiun pengamatan di seluruh Jepang bahwa kota-kota di Jepang bersuhu rata-rata 40 derajat celcius.

"Orang-orang yang berada di daerah dengan suhu 35 derajat celcius atau lebih harus sangat berhati-hati," staff meteorologi Minako Sakurai mengatakan kepada kantor berita AFP.

"Dan pada suhu yang lebih rendah, panas dapat menjadi sebuah bahaya bagi anak-anak kecil dan orang lanjut usia, tergantung pada lingkungan dan kegiatan yang dilakukan," ucapnya memperingatkan. "Orang-orang harus lebih berhati-hati karena banyak orang yang mungkin kelelahan setelah cuaca panas yang ekstrem."

Ratusan orang sudah dilarikan ke rumah sakit Jepang dengan gejala stroke panas dalam gelombang panas lebih dari sepekan. Kematian telah dilaporkan hampir setiap hari sejak pekan kemarin.

Pihak berwenang di Jepang memperingatkan masyarakat untuk tinggal di dalam rumah dan menggunakan penyejuk udara. (Khalisha Firsada)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close