Internasional

Gempa 5,9 SR di Iran Lukai Hampir 290 Orang

Ilustrasi grafik guncangan gempa bumi. (Foto: Medcom)

Kermanshah: Gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang Iran barat, Minggu 22 Juli 2018, dan melukai sedikitnya 287 orang. 

Menurut laporan kantor berita IRNA, seperti dikutip dari CBC, guncangan terjadi usai dua gempa melanda provinsi Hormozgan di wilayah selatan.

Gubernur Provinsi Kermanshah, Hoshang Bazvand, mengatakan bahwa delapan korban luka di wilayahnya menjalani rawat inap di rumah sakit dan sisanya diperbolehkan pulang usai dirawat.

Dua gempa sebelumnya di Hormozgan, dengan kekuatan 4,7 dan 5,7 SR, merusak rumah di beberapa desa. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam dua guncangan tersebut.

Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, Morteza Salimi, menyebut kerusakan akibat dua gempa di Hormozgan relatif ringan.

"Laporan awal mengindikasikan ada beberapa tembok yang roboh, tapi tidak ada kerusakan parah," ungkap Salimi kepada IRNA.

Iran dilintasi sejumlah patahan geologi dan telah dilanda beberapa gempa mematikan di masa lalu.

November lalu, gempa 7,3 SR mengguncang kawasan perbatasan Iran dan Irak, menewaskan sedikitnya 620 orang dan melukai ribuan lainnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close