Internasional

Gempa Lombok, Kemenlu RI Imbau Turis Asing Waspada

Para turis mengantre untuk keberangkatan dari Praya International Airport Lombok, usai gempa melanda. (Foto: AFP)

Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI mengimbau agar turis lokal dan asing untuk tetap tenang dan waspada pasca gempa 7,0 Skala Richter (SR) yang melanda Lombok Utara, semalam.

"Kami mendorong wisatawan untuk tetap tenang dan waspada, mengikuti instruksi pemerintah dan terus memantau informasi BMKG dan BNPB," sebut pernyataan resmi dari Kemenlu RI dikutip dari akun Twitter @Kemlu_RI, Senin 6 Agustus 2018.

"Peringatan dini tsunami juga telah dicabut oleh BMKG pukul 20.25 WIB, kemarin," lanjut pernyataan itu.

Baca: Duka Mendalam Jokowi untuk Korban Gempa Lombok

Guncangan cukup keras yang melanda Lombok juga terasa sampai di Bali. Saat ini, sedang digelar Bali Process 2018, tepatnya di Nusa Dua.

Juru bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir mengatakan, perhelatan Bali Process tetap digelar sesuai jadwal. Kondisi di Nusa Dua juga kini berangsur tenang.

Gempa mengguncang Lombok, NTB pukul 18.46 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 132 gempa susulan terhitung sejak gempa 7.0 SR hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mencatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. Data BNPB yang dihimpun sampai pukul 02.30 WIB, Senin, 6 Agustus 2018, menunjukkan ratusan orang terluka dan ribuan rumah warga hancur.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close