Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Tojo Una Sulteng

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada hari Senin (26/7/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

Berita Lainnya

“Tidak berpotensi tsunami,” mengutip akun Twitter @infobmkg, Senin (26/7/2021).

Menurut pernyataan BMKG, titik gempa berlokasi di 59 kilometer timur laut Tojo Una-Una atau tepatnya di 0.73 Lintang Selatan, 121.92 Bujur Timur.

BMKG menyatakan data gempa berkekuatan M6,5 yang terjadi sebelumnya telah dimutakhirkan menjadi kekuatan M6,3 yang berlokasi di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi karena Sesar Lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan normal (normal fault),” tulis BMKG.

Sejumlah wilayah di luar Sulteng dikabarkan merasakan getaran gempa tersebut. Seperti daerah Ampana V-VI MMI atau Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar.

Berikutnya Luwuk,Poso, Morowali dengan kekuatan V MMI yakni getaran dirasakan hampir semua penduduk dan orang banyak terbangun. Berikutnya, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Kotamobagu, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Buol, Bone Bolango, Pohuwato dengan kekuatan III-IV MMI.

Sementara, Tomohon, Manado, Ratahan, Bobong, Konawe Utara, Kolaka Utara, Masamba merasakan dengan ukuran II-III MMI. Adapun Mamuju Tengah, Polewali merasakan gempa dengan ukuran II MMI. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *