Partai Gerindra

Gerindra Ketar Ketir Cari Koalisi Pengganti PPP

Pengalihan haluan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) disinyalir akan menyulitkan Partai Gerindra untuk mengejar ambang batas presiden agar bisa mencalonkan Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres mendatang. Terlebih jika partai Islam bersama Partai Demokrat membentuk poros keempat.

“Pertemuan Hamzah Haz dan sejumlah elite PPP dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri memberikan sinyal kuat PPP cenderung akan koalisi dengan PDIP. Manuver PPP tersebut tentu membuat posisi Gerindra saat ini cukup sulit menggalang koalisi yang mencukupi ambang batas Presidential Threshold,” ucap Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, di Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Terlebih, kata Karyono, bila Partai Demokrat serius membuat poros koalisi sendiri tentu bisa membuat Prabowo dan Gerindra ketar ketir. Oleh karenanya, untuk membangun koalisi yang mencukupi syarat presidential thershold 25 persen suara sah nasional atau 20 persen kursi di parlemen, Prabowo mencoba melakukan penjajakan koalisi dengan parpol lain salah satunya Partai Golkar.

“Namun, menurut saya, pertemuan tersebut sulit menghasilkan kesepakatan, jika Prabowo dan Aburizal Bakrie masih saling ngotot menjadi capres. Tampaknya baik ARB maupun Prabowo sulit menerima posisi nomor dua,” tuturnya.

(pr/in/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close