Gerindra Sebut Mobil Esemka Mirip Kendaraan Buatan China

  • Whatsapp
Andre Rosiade

INDOPOLITIKA – Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade menyebut mobil hasil pabrikan otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo, produknya mirip produksi China.

“Mohon maaf Pak Jokowi, saya mau mempertanyakan mengapa mobil Esemka yang diresmikan mirip dengan mobil produk China atau Tiongkok?” kata Andre dalam keterangannya, Sabtu (7/9).

Baca Juga:

Karena bentuknya yang dinilai mirip mobil China, Andre mempertanyakan apakah mobil tersebut benar-benar buatan anak bangsa atau tidak. Hal tersebut mesti dijelaskan dengan jelas oleh Jokowi.

“Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tetapi diberi merek Esemka? Ini patut dipertanyakan,” ucap Andre.

Jokowi meresmikan Pabrik Esemka di Boyolali di atas lahan seluas 11,5 hektare dengan luas bangunan 12.500 meter persegi.

Pabrik itu dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, test road, lintasan, stok yard, dan inspeksi.

Esemka telah memproduksi dua jenis kendaraan niaga ringan atau pikap, yakni Esemka Bima 1.2L dan Esemka Bima 1.3L dengan harga produk senilai Rp 95 juta per unit.

“Produk Esemka ini brand dan pencetusnya Indonesia. Pabrik ini dirintis 10 tahun lalu oleh teknisi terbaik dari anak-anak SMK, saya bangga dengan ini semua,” ujar Jokowi saat peresmian, Jumat (6/9) lalu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *