Gibran Larang Mudik ke Solo, Termasuk Presiden Jokowi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka resmi menandatangani Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1156. Salah satunya, mengatur pelarangan mudik, dan ancaman sanksi karantina lima hari bagi pemudik yang melanggar prosedur.

Dengan demikian siapapun dilarang mudik ke Solo mulai 1-17 Mei 2021. Dia pun memastikan ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak akan mudik ke Solo.

Berita Lainnya

“Nggak, (Jokowi) nggak mudik,” kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Rabu (21/4/2021).

Namun ada pengecualian bagi masyarakat dengan kepentingan mendesak, seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal dan persalinan ibu hamil. Mereka harus membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil tes swab PCR atau antigen negatif.

Adapun surat izin bagi pelaku perjalanan dinas harus ditandatangani pejabat setingkat eselon II. Bagi pegawai swasta, surat izin harus ditandatangani pimpinan.

Sementara bagi pekerja informal dan nonpekerja harus membawa surat keterangan dari kepala desa atau kelurahan. Surat dilengkapi dengan mencantumkan asal dan tujuan daerah beserta nomor telepon.

Gibran mengatakan telah menyiapkan rumah karantina di Solo Technopark. Namun ada opsi lain, yakni karantina di hotel bagi warga yang mampu.

“Kita sediakan dua tempat. Nanti kita pakai dulu satu tempat di Solo Technopark. (Karantina hotel) itu buat yang mampu. Nanti ada (kategorinya),” ujar dia. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *