GP Ansor Berharap Kader NU Diamanahkan di Menteri BUMN atau ESDM

  • Whatsapp
Yaqut Cholil Qaumas saat Konferwil GP Anshor Jawa Timur (ist)

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Anshor) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Nahdlatul Ulama (NU) saat ini tengah menggodok nama-nama kandidat yang akan diusulkan kepada Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin untuk mengisi kursi menteri di kabinet periode 2019-2024.

“Yang saya dengar, nama-nama itu sedang digodok untuk posisi mana yang tepat. Soal mengusulkan boleh, karena kami ikut berjuang,” kata Yaqut, seperti dikutip Antara usai menghadiri Konferensi Wilayah Gerakan Pemuda Ansor XIV Provinsi Jawa Timur, di Kota Malang, Minggu (28/7).

Baca Juga:

Terlepas dari NU bisa mengusulkan nama-nama kandidat tersebut, kata Yaqut, keputusan akhir diserahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi selaku pemegang hak prerogatif.

“Tapi, sekali lagi, NU tidak dalam posisi mendesak, menekan dan lainnya. Akan tetapi, NU pasti akan mengusulkan nama-nama itu,” ujar Yaqut.

Yaqut menjelaskan, selama ini, NU selalu distigmakan untuk mengisi kursi Menteri Agama, Menteri Desa, atau Menteri Tenaga Kerja. Padahal, banyak kader NU yang memiliki banyak pengalaman dan kualitas untuk mengisi kursi menteri sektor strategis.

Posisi kursi menteri sektor strategis tersebut, lanjut Yaqut, diantaranya adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan posisi menteri lainnya.

“Saya ini di Komisi VI, yang mengurusi BUMN, tapi bukan berarti saya minta menteri BUMN lho ya, ini contoh,” ujar Yaqut sembari tertawa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *