GP Anshor Sebut RUU Ciptaker adalah RUU yang Tak Jujur

  • Whatsapp
Aksi buruh yang menolak Omnibus Law

INDOPOLITIKA.COM – Gerakan Pemuda (GP) Ansor menganggap Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) yang disusun dengan metode Omnibus Law merupakan RUU yang tidak jujur. GP Ansor mengaku sudah mengkaji naskah akademik dan draf RUU Ciptaker itu selama dua bulan terakhir.

“RUU Omnibus Cipta Lapangan Kerja, sering disingkat Cilaka, merupakan RUU yang tidak jujur,” kata Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, baru-baru ini.

Bacaan Lainnya

Yaqut mengatakan berdasarkan kajian pihaknya, RUU ‘Cilaka’ itu merupakan RUU yang lebih menitikberatkan pada investasi dan investor daripada menciptakan lapangan kerja dan para pekerja.

Menurut Yaqut, pihaknya juga mencermati bagaimana pemerintah meyakinkan publik agar menerima RUU ini dengan argumen memperbanyak investasi dan menarik investor dari pada narasi bagaimana menciptakan dan mengembangkan lapangan kerja.

Selain itu, kata Yaqut, komunikasi pemerintah kepada masyarakat juga buruk dalam menyiapkan draf aturan ini, sehingga RUU ini disusun secara tidak jujur. “GP Ansor menilai bahwa penyusunan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja ini tidak mengikuti pola penyusunan undang-undang yang baik dan demokratis,” ujarnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *