INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan terus menambah titik wifi gratis yang diperuntukan bagi warga kota tersebut.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, wifi yang akan diperuntukan bagi warga ini benar-benar gratis. Karena dari mulai pemasangan, iuran per bulannya, semuanya dicover oleh APBD. 

Benyamin Davnie mengatakan, pemasangan wifi gratis merupakan upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat, sehingga mereka bisa mendapatkan informasi maksimal terkait penggunaan internet.  

“Ini salah satu upaya kita untuk mencerdaskan masyarakat,” ujar Benyamin dalam Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Serpong Utara, Tangsel, Senin (26/2/2024).  

“Benar-benar gratis, pasangnya gratis, iuran per bulannya juga gratis, semuanya dicover oleh APBD,” imbuhnya.  

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Tb. Asep Nurdin memaparkan, untuk tahun ini ada sebanyak 1.075 penambahan titik wifi gratis yang akan dipasang. Kemudian pada 2025 mendatang, jumlahnya pun akan bertambah.  

“Tahun depan meningkat dari tahun sekarang. Tahun sekarang ada sekitar 1.075. Tahun depan akan menambah sekitar 1500 titik. Jadi totalnya 2.500 titik,” paparnya.  

Ia menjelaskan, pemasangan wifi gratis ini dilakukan berdasarkan usulan yang langsung datang dari masyarakat.  

Bukan hanya melalui forum resmi seperti Musrembang saja, namun juga banyak usulan yang datang langsung dari masyarakat.  

“Bahkan jangankan dari masyarakat. Dari RT-nya langsung banyak sekali. Bahkan sebagian besar permintaan itu banyak langsung direct dari RT RW, masyarakat,” ungkap Tb. Asep.  

Ia menerangkan, seluruh masyarakat dapat mengusulkan pemasangan wifi gratis ini.  

“Saya rasa tidak ada syarat spesifik. Yang pertama harus ada di ruang publik. Bisa taman warga, atau fasilitas lain, bisa  Musala, Masjid, atau tempat kegiatan masyarakat lainnya. Bisa langsung diusulkan ke Dinas Komunikasi dan Informatika,” tandasnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com