Gubernur BI: Kebijakan PSBB Tingkatkan Kepercayaan Pelaku Pasar Keuangan

  • Whatsapp
Bursa Efek Indonesia

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Bessar (PSBB) akan membangun kepercayaan pelaku pasar terhadap terhadap Indonesia dalam menangani Covid-19.

“Berbagai kondisi saat ini membawa confident pasar yang lebih baik,” kata Perry saat menggelar konferensi pers online di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Berita Lainnya

Perry mengatakan, semakin cepat Indonesia mengatasi wabah Covid-19, semakin baik dampaknya bagi aspek kemanusiaan, kesehatan hingga ekonomi dan keuangan. Kebijakan PSBB dan kedisiplinan semua warga, akan membuat bencana ini terlewati dengan cepat.

“Dengan garis kebijakan dari pemerintah pusat dan daerah serta kita bersama-sama mendukungnya, baik di DKI Jakarta dan daerah, maka penyebarang Covid-19 bisa dikurangi,” tandasnya.

Jika Covid-19 bisa diatasi, kata Perry, maka akan berdampak positif bagi ekonomi apalagi kondisi sektor pasar keuangan global saat ini berangsur membaik.

Menurutnya, indeks volatilitas keuangan (VIX) yang mencerminkan naik turunnya harga aset di Amerika Serikat yang semakin menurun. Saat ini indeks tersebut menurun hanya 43,3 yang menunjukkan kepanikan dan ketidakpastian pasar keuangan global berangsur membaik.

Padahal sebelumnya, pada minggu ketiga Maret 2020 indeknya mencapai angka 82. Padahal sebelum Covid-19, indeknya masih di angka 18,8. (rma)

 

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *