Gubernur HD Ajak Rumania dan Moldova Bertukar Pengetahuan dan Teknologi Dengan Sumsel

  • Whatsapp
Gubernur Sumsel Herman Deru (lima dari kanan) berpose bersama dengan delegasi dari Rumania dan Moldova, selepas pertemuan keduabelah pihak, kemarin.

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sumatera Selatan menegaskan ketertarikannya mengajak Rumania dan Republik Moldova, untuk bertukar pengetahuan maupun tekhnologi dengan Sumsel. Alasan HD, potensi Sumsel dalam bidang-bidang ini cukup potensial sehingga perlu dimaksimalkan lagi kedepannya.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Herman Deru saat menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova beserta delegasi. Pertemuan ini membahas rencana kerjasama antara keduabelah pihak seperti kemungkinan adanya investasi dari pengusaha Rumania di Sumsel.

Berita Lainnya

Pada kesempatan ini, HD menyampaikan jika Sumsel merupakan daerah yang kaya akan SDA Dan SDM, dengan produktivitas yang sangat mungkin dipertukarkan antar kedua negara yang juga selama ini mungkin sudah terjadi, baik kebijakan negara maupun beberapa Provinsi di Indonesia.

“Saya sebagai gubernur lebih tertarik untuk (transfer of knowledge) bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi karena sumber daya sudah banyak ada di sini (Sumsel) sehingga dapat teroptimalkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Alasan HD lebih tertarik untuk bertukar ilmu pengetahuan bukan tanpa sebab, mengingat Sumsel merupakan provinsi penyuplai karet di Indonesia sebesar 30%, serta produk kopi dengan urutan nomor 3 di dunia. Mulai dari kopi robusta, arabika, dan  liberica. Hal tersebutlah yang mendasari HD lebih tertarik untuk bertukar pengetahuan dan teknologi dengan negara tersebut.

“Saya akan pertegas, Sumsel ingin ilmu pengetahuan sehingga dapat membagi ilmu yang didapat untuk para petani dan peternak di Sumsel. Saya harapkan nantinya kita buatkan beberapa kesepakatan di bidang lainnya, meliputi bidang pendidikan ataupun lainnya,” katanya.

Sementara itu, duta besar RI untuk Rumania dan Moldova Amhar Azeth mengatakan, kunjungan pihaknya tersebut bersifat implementatif saja. Adapun kerjasama yang ditawarkan berupa alat rekayasa cuaca. “Water Treatment, pengembangbiakan/penggemukan sapi, pengelolaan sampah baik diubah menjadi energi, pupuk ataupun lainnya,” tegasnya.

Turut hadir Konsul kehormatan RI di Konstanta Rumania, Emil Sirbu, Direktur eksekutif IAA, Fory Dorian Popescu, Plh Sekda Provinsi Sumsel Drs. Akhmad Najib, SH, MHum dan para Kepala OPD di lingkungan Provinsi Sumsel. [ind]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *