Gugatan Jemaah First Travel Ditolak, Korban: Innalillahi, Keadilan Telah Mati

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Nasib kurang beruntung kembali dialami korban Jemaah First Travel. Harapan mendapatkan keadilan terhadap gugatan perdata yang diajukan kepada bos First Travel berakhir menyedihkan. Hakim menolak seluruh gugatan mereka meski sempat ada descenting opinion ketika dilakukan musyawarah oleh hakim sebelum memutuskan perkara itu.

Dalam putusannya, hakim menilai gugatan yang dilayangkan Anny Suhartaty, Hj Ira Faizah, Devi Kusrini, Zuherial, dan Ir Ario Tedjo Dewanggono, cacat formil karena penggugat tidak bisa menguraikan apakah gugatan itu dilayangkan oleh jemaah atau oleh agen travel.

Muat Lebih

“Mengadili dalam eksepsi menolak turut tergugat seluruhnya. Gugatan penggugat tak dapat diterima, menghukum penggugat biaya perkara yang sampai saat ini Rp 815 ribu,” baca hakim ketua Ramon Wahyudi, Senin (2/12/2019).

Hakim anggota Nugraha Medica Prakasa menilai, gugatan yang diajukan para penggugat yang terdiri atas agen First Travel dan jemaah itu cacat formil. Lima kelompok penggugat tidak mencantumkan secara jelas kerugian-kerugian yang dialaminya.

“Menimbang bahwa uraian pertimbangan di atas dan fakta hukum, maka majelis hakim melihat ada penggugat yang tidak memenuhi persyaratan. Oleh karena itu, penggugat 1, 2, 3, 4, dan 5 tidak memiliki kedudukan sah dalam hukum untuk mewakili jemaah 3.275 sehingga majelis hakim menilai gugatan ini cacat formil,” kata Nugraha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *