Guna Menggerakkan Perekonomian Pesantren, Herman Deru Minta OJK Perbanyak Bank Wakaf Mikro

Gambar Gravatar
Gubernur Sumsel, Herman Deru/ist

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru meminta Otoritas Jasa Keuangan memperbanyak Bank Wakaf Mikro untuk menggerakkan perekonomian syariah di pondok pesantren.

“Sumsel sudah punya dua, di Pesantren Aulia Cendekia dan Pesantren Nurul Huda. Kami mengharapkan setidaknya OJK membantu dua lagi,” kata Herman Deru pada peresmian Gedung Perwakilan OJK Regional VII di Palembang, Senin (27/6/2022).

Ia mengatakan target empat Bank Wakaf Mikro itu sejatinya sudah tercapai tahun ini andaikan tidak ada COVID-19. Minat pondok pesantren demikian tinggi untuk mendirikan industri jasa keuangan itu, namun diakui terbentur oleh modal.

Setidaknya dibutuhkan modal yang cukup besar sehingga pondok pesantren harus menggalang dana dari pihak lain.“Modal hingga Rp8 miliar dan pemda tentu tidak ada dana sebanyak itu. Kami minta kelonggaran sedikit,” kata dia.

Sementara itu Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso yang juga hadir dalam kesempatan itu berjanji akan mencarikan solusi atas keinginan pemerintah provinsi itu.

Ini karena Bank Wakaf Mikro merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan menyediakan akses permodalan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal dengan pola pendampingan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan bisa menambah jumlah Bank Wakaf Mikro (BWM)  di tahun ini bisa mencapai 100 BWM. Saat ini, jumlah yang sudah berdiri mencapai 62 BWM.

Target tersebut berangkat dari pertemuan OJK dengan Wakil Presiden Maruf Amin di awal tahun yang mengharapkan bisa mendirikan 1.000 BWM hingga tahun 2024.

“Memang pendirian BWM ini tergantung donatur, dan kami terus menerus mengajak donatur untuk turut mengembangkan industri keuangan syariah,” kata dia. [dbm]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.