Gunung Ciremai Kembali Terbakar, Diperkirakan Hanguskan 100 Ha Lahan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Kuningan memperkirakan luas lahan terbakar sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai akan terus bertambah. Bahkan bisa menghanguskan 100 hektar.

Staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Yayat Sudrajat menjelaskan titik api menyebar ke beberapa lokasi. “Angka pastinya kurang tahu. Kemungkinan hingga 100 hektare,” kata Yayat, kemarin.

Baca Juga:

Selain tiupan angin yang kencang di sisi lain, lokasi yang terjal dan sulit dijangkau membuat pemadaman menjadi susah. Hingga Selasa, (29/10/2019), lahan yang terbakar sudah mencapai kurang lebih 75 hektare.

“Data terakhir yang masuk sudah ada kurang lebih 75 hektare lahan terbakar,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin.

Agus mengatakan kebakaran kawasan TNGC tepatnya di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

“Kita terus upayakan padamkan titik-titik api yang masih menyala dengan menerjunkan 126 personel dan juga membuat sekat bakar,” ujarnya.

Agus menambahkan kendala yang dialami oleh tim pemadam di antaranya angin bertiup cukup kencang, tumbuhan mudah terbakar dan juga kesulitan komunikasi.

Kebakaran kawasan TNGC di Blok Sigiribig terjadi pada Senin (28/10) sekitar jam 10.34 WIB dan sampai sekarang api belum dapat dikendalikan.

Dijelaskan Agus, kebakaran yang terjadi pada Selasa ini lanjutan dari kebakaran pada Senin, (28/10/2019). “Ini merupakan kejadian yang kesekian kalinya pada musim kemarau tahun ini,” katanya.{asa}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *