Gunung Kerinci Keluarkan Asal Tebal, Warga Dihimbau Jauhi Radius 3 KM

  • Whatsapp
Gunung Kerinci keluarkan asap tebal. (Jambi Ekspres)

INDOPOLITIKA.COM – Gunung Kerinci yang terletak di Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci pada Sabtu (17/10/2020) pagi ini mengeluarkan asap tebal hitam yang mengarah ke arah timur. Akibatnya sejumlah warga Kayu Aro, Kerinci, Jambi sempat dibuat panik.

Kepala Bidang (Kabid) Mitigasi Gunung Api (MGA) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan membenarkan telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, pada tanggal 17 Oktober 2020 pukul 06.30 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 200 m, yang tekanan sedang condong kearah Timur Laut.

Bacaan Lainnya

“Ya betul, namun hanya selama 4 menit saja, lalu berangsur normal,” ungkapnya dikutip dari Sindonews, Sabtu (17/10/2020).

Diakuinya bahwa, hembusan asap di Gunung Kerinci hampir setiap hari terjadi dengan ketinggian mencapai 200 m.

“Kadang-kadang hembusan asap tersebut, mengandung abu tipis seperti kejadian pagi tadi,” timpalnya.

Kolom abu teramati berwarna kelabu, dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut.

“Meskipun demikian, saat ini Gunung Kerinci berada pada status Level II Waspada,” tegasnya.

View this post on Instagram

Pray for Kerinci, Semoga lekas Membaik Pagi Ini Sabtu 17 October 2020 Kerinci Mengeluarkan asap Hitam. Semoga Tidak Terjadi Apa2, Dan Cepat Pulih Kembali.!!! Untuk Aktiviti Kita Dipagi Ini kena di tunda Dulu Sampai keadaan Membaik.. . . Loc: Kebun Teh Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi jambi. ————————————————————————— Piknik by @trekking_indrapura _______________________________________________ Piknik Kerinci berbagi tempat piknik menarik sekitar Kerinci dan Tag temenmu, ajak piknik kesini!!! _______________________________________________ Ayo gunakan hastag #piknikkerinci Siapa tau foto kamu yang akan kami repost berikutnya. _______________________________________________ Explore Terus Alam Indah di sekitarmu. Jaga & Lestarikan tempat yang kamu kunjungi. Salam Piknik. . #piknikkerinci #holidaykerinci #parapejalankerinci #piknik #kebunteh #kayu #kerinci #aro #aromatherapy #kayuaro #kemenpar #mountainkerinci #WonderfulIndonesia #untukkerinci #mudamembangunkerinci

A post shared by Banyakin Piknik Biar Ga Panik (@piknikkerinci) on

Badan Geologi mengimbau masyarakat sekitar Gunung Kerinci dan wisatawan tidak mendaki dan beraktivitas dalam radius 3 km dari kawah aktif yang berada di puncak gunung.

Badan Geologi juga mengimbau, jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari.

“Karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *