PKB

Guru Honorer Keluhkan Kesejahteraan, Begini Kata Abdul Basyid Has

Batam – Calon anggota DPR RI periode 2019-2024 Dapil Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Abdul Basyid Has berkesempatan berdialog dengan puluhan guru swasta sekaligus menyaring aspirasi para guru. Dialog berlangsung di Aula Hang Nadim Malay School, Jalan Tiban V Patam Lestari, Sekupang, Kota Batam, Minggu (29/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut Abdul Basyis Has dihujani beberapa pertanyaan yang menjurus tentang nasib guru honorer terlebih soal kesejahteraan yang kian sulit. Menurut Adul Basyid Has, sampai saat ini kesejahteraan guru honorer masih menjadi masalah utama yang masih belum terselesaikan.

“Perlu ada upaya kongkrit untuk mengurai persoalan guru honorer di Kepri. Eksekutif, legislatif, dan lembaga lembaga masyarakat sipil harus duduk bersama untuk mencari keluar atas masalah ini, jangan sampai problem guru menggangu semangat pembelajaran di sekolah,” ujar Basyid.

Saat ini, lanjut Basyid, banyak guru honorer yang belum mendapatkan kesejahteraan yang layak seperti halnya guru PNS, walaupun beban kerjanya sama dengan PNS, bahkan ada yang melebihi beban kerja PNS karena ada merangkap menjadi Operator Sekolah.

“Demi menyambung hidup, banyak guru honorer khususnya yang belum disertifikasi harus mengajar dari satu sekolah ke sekolah yang lain, memberi jasa privat, menjadi tukang ojeg, jualan makanan dan lain sebagainya. Ini perlu diperjuangkan, agar nasib guru honorer bisa sejahtera seperti guru PNS,” tegas Basyid.

Pria yang menjabat sebagai ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kepri ini menambahkan, selain soal kesejahteraan guru, banyak juga di daerah sekolah mengalami kekurangan guru.

“Pemerintah perlu melakukan redistribusi guru untuk pemerataan kualitas pendidikan di daerah, jangan sampai guru hanya terfokus di daerah perkotaan saja, tapi juga di pedesaan,” pungkas Basyid.

Sebagaimana dilansir beberapa media, bahwa kesempatan para guru honorer agar bisa menjadi PNS bakal terbuka lebar. Sebab, hingga tahun 2021, bakal terjadi gelombang pensiun guru PNS dalam jumlah besar. Sebagaimana data dari Kementerian Pendidikan Nasional yang menyebut total guru yang pensiun mencapai 295 ribu orang lebih selama kurun waktu 2017-2021. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close