Gus Sholah Wafat, PBNU Instruksikan Seluruh Nahdliyin Shalat Ghaib

  • Whatsapp
Ipang Wahid bersama ayahanda Gus Solah. Foto: instagram Ipang Wahid.

INDOPOLITIKA.COM – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan kepada seluruh Nahdliyin, pengurus NU, lembaga, dan badan otonom untuk melaksnakan shalat ghaib, pembacaan yasin, dan tahlil bagi almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Nomor 3856/B.II.07/02/2017 yang diterbitkan Ahad, 2 Februari 2020. Surat tersebut ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siroj, dan Sekjen HA Helmy Faishal Zaini.

Bacaan Lainnya

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan duka cita yang mendalam berkenaan dengan wafatnya Dr. Ir. KH. Salahuddin Wahid, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

“Sehubungan dengan hal tersebut, PBNU dengan ini menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Cabang, Lembaga, Badan Otonom Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren di semua tingkatan untuk menyelenggarakan Shalat Ghoib, Pembacaan Yasin dan Tahlil  untuk Alamarhum,” demikian keterangan surat instruksi itu dikutip nu.or.id, Senin (3/2/2020).

Sebagaimana diketahui, Gus Sholah wafat di RS Harapan Kita Palmerah, Jakarta Barat pada Ahad (2/2/2020) pukul 20:59 WIB. Jenazah direncakan dimakamkan di kawasan pemakaman Pesantren Tebuireng, Jombang.

Namun sebelum diberangkatkan ke Tebuireng akan disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di kawasan Tendean, Jakarta.   Gus Sholah wafat pada usia 77 tahun. Almarhum merupakan adik KH  Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang lahir pada 11 September 1942. Gus Sholah adalah anak ketiga dari pasangan KH Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholihah. Selain Gus Dur, saudara Gus Sholah adalah Nyai Aisyah, Dr Umar Alfaruq, Nyai Lily Wahid, dan Muhammad Hasyim.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *