Hadapi Bencana Pemerintah Pusat Seolah Tak Memiliki Anggaran Mitigasi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Anggota Komisi V DPR Irwan meminta pemerintah pusat lebih fokus dalam melakukan mitigasi bencana, tidak hanya melakukan pembenahan infrastruktur yang rusak akibat banjir.

Pemerintah pusat perlu memiliki dana alokasi khusus untuk membangun program  mitigasi bencana.

Berita Lainnya

“Uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita ini harus banyak dialokasikan untuk program-program mitigasi bencana. Termasuk, kajian-kajian meminimalisir dampak bencana,” kata Irwan di Jakarta, Selasa (14/01/2020).

Yang terjadi saat ini, dikatakan Irwan, pemerintah pusat seolah lupa bahwa penanganan bencana terbaik adalah dengan fokus kepada mitigasi bencana, bukan pada penanganan pasca bencana.

Lebih lanjut, Irwan menegaskan ke depannya infrastruktur harus dibangun sebaik mungkin. Jangan sampai infrastruktur yang sudah dibangun dengan dana yang luar biasa besar itu kemudian rusak akibat menjadi langganan bencana seperti banjir dan longsor, lalu menyebabkan Pemerintah sibuk dengan perbaikannya.

“Justru, sebelum itu dialokasikan untuk pembangunan maupun alokasi anggaran maka harus dilakukan kajian terlebih dulu seperti kajian terkait dampak lingkungan dan kajian terkait kondisi geografis itu harus betul-betul tuntas,” imbuhnya.[sgh]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *