INDOPOLITIKA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara nasional akan segera mengumumkan partai politik (parpol) yang lolos verifikasi administrasi, pada Jumat (14/10/2022).

Dimana selanjutnya parpol non parlemen pada Pemilu 2019 dan partai politik baru yang lolos verifikasi administrasi tersebut, akan mengikuti tahapan verifikasi faktual.

KPU Tangsel pun, baru saja menggelar rapat koordinasi mengenai tahapan apa saja yang akan dilewati parpol dalam melakukan verifikasi faktual.

Anggota KPU Tangsel, Ajat Sudrajat, mengatakan bahwa rapat tersebut, untuk mensosialisasikan ke pengurusan partai politik terkait tahapan verifikasi faktual.

“Untuk mensosialisasikan tahapan verifikasi faktual kepada pengurus partai politik di Kota Tangsel. Dan kami masih menunggu partai politik apa saja yang lolos tahapan verifikasi administrasi, dan partai yang lolos itu yang kita lakukan verifikasi faktual. Kecuali partai yang lolos parlemen pada Pemilu 2019,” papar Ajat dalam keterangannya, Jumat (14/10/2022).

Verifikasi faktual sendiri akan dimulai pada besok 15 Oktober 2022 mendatang.

Untuk itu, Ajat berharap parpol yang akan melewati verifikasi faktual segera mempersiapkan diri.

“Kita sudah sosialisasikan juga waktu tahapannya. Agar partai mempersiapkan diri sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” terangnya.

Untuk verifikasi faktual tersebut, ada dua hal yang diverifikasi faktual. Yaitu kepengurusan dan keanggotaan dari parpol tersebut.

“Jadi, verifikasi faktual ini untuk mengetahui secara fakta. Apakah nama-nama keanggotaan yang telah didaftarkan itu benar ada orangnya atau tidak,” tandasnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com