INDOPOLITIKA.COM – Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI kepada penggantinya Jenderal Andika Perkasa, di Mabes TNI, Jakarta Timur, pada Kamis (18/11/2021).

Dalam gelaran sertijab, Hadi juga menyerahkan panji-panji TNI, Tri Dharma Eka Karma kepada Andika. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan.


Usai sertijab, Marsekal Hadi yang sebentar lagi ingin pensiun berharap kepada generasi penerusnya untuk bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Saya tidak henti-hentinya selalu berdoa untuk generasi penerus TNI agar semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik,” ucap Hadi.

Dalam sertijab ini, Ketua DPR Puan Maharani turut hadir. Puan menitipkan sejumlah pesan kepada pengganti Marsekal Hadi.

“Dengan pergantian pimpinan di tubuh TNI, semoga TNI dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya menjaga kedaulatan NKRI dengan semakin lebih baik lagi,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu pun berharap Jenderal Andika melanjutkan tugas-tugas yang sudah dimulai dan dilaksanakan Marsekal Hadi secara profesional. Puan lantas menyampaikan pesan khusus untuk Jenderal Andika.

“TNI sebagai salah satu elemen bangsa yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19, saya secara khusus meminta agar TNI menjadi garda terdepan program vaksinasi di daerah-daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal),” pesannya.

Lebih lanjut, Puan berharap TNI terus membantu dalam pengawasan serta penegakkan disiplin protokol kesehatan. Apalagi dilaporkan ada sebanyak 17 ribu orang yang positif Covid-19 bebas beraktivitas di fasilitas publik seperti mal berdasarkan pantauan aplikasi PeduliLindungi.

“Peran TNI sangat diperlukan untuk membantu pemerintah mengingatkan agar masyarakat disiplin protokol kesehatan walaupun kondisi Pandemi Covid-19 sudah lebih baik,” ujar Puan. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com