Ini Lima Besar Perolehan Suara Caleg  PAN

Hanafi Rais Tempati Posisi Puncak, Payah Zulkifli Hasan Cuma Ranking 5

  • Whatsapp
Zulkifli Hasan dan Hanafi Rais

INDOPOLITIKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan perolehan suara partai politik hasil Pemilu 2019. Penetapan perolehan suara dan jumlah kursi di DPR 2019-2024 itu dilakukan di Kantor KPU pusat, Sabtu (31/8/2019). Partai Amanat Nasional meraih suara sah 9.572.623 (6,84 persen). PAN meraih 44 kursi di DPR.

Dari 44 anggota DPR terpilih dari PAN, pengausa lima besar caleg peraih suara terbanyak di internal PAN, dikuasai putra Amien Rais, Hanafi Rais. Sang Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan cuma menempati posisi ke-5.

Baca Juga:

Ini posisi lima besar perolehan suara caleg  PAN:

1. Hanafi Rais

Hanafi Rais merupakan caleg PAN petahan. Ia maju lewat dapil Daerah Istimewa Yogyakarta. Di dapil yang meliputi Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, dan Kota Yogyakarta itu, putra pendiri PAN Amien Rais ini meraih 171,316 suara.

2. John Siffy Mirin

John juga caleg petahana PAN dari Dapil Papua. Pada pemilu 2019 kali ini ia kembali maju lewat dapil yang sama dan kembali terpilih. Ia berhasil meraih 144,120 di Bumi Cendrawasih.

3. Saleh Partaonan Daulay

Saleh juga merupakan salah satu caleg petahana dari PAN. Ia duduk di Komisi IX DPR. Dalam Pemilu 2019, ia kembali maju lewat dapil Sumatera Utara II. Di dapil tersebut ia memperoleh 142,683 suara.

4. Slamet Ariyadi

Slamet Ariyadi menjadi pendatang baru di Senayan. Ia baru pertama kali mencalonkan diri dan lolos lewat daerah pemilihan Jawa Timur XI. Di dapil yang meliputi Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep itu Slamet meraih 133,495 suara.

5. Zulkifli Hasan

Di urutan kelima terbanyak PAN ada Zulkifli Hasan. Ketua Umum PAN yang juga Ketua DPR ini maju lewat daerah pemilihan Lampung. Besan Amien Rais ini meraih 132,039 suara di dapil yang meliputi Kabupaten Lampung Barat, Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *