Nasional

Hari Lahir Pancasila, Abdul Basyid Has: Momentum Bangkitkan Semangat Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada setiap tanggal 1 Juni selalu disambut baik oleh masyarakat Indonesia sejak ditetapkannya Presiden Joko Widodo pada 1 Juni 2016 lalu. Masyakarat pun antusias mempringatinya dengan berbagai macam kegiatan.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Abdul Basyid Has mengatakan, peringatan ini adalah momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Momentum untuk memaknai perjuangan para pahlawan dan membangkitan semangat Pancasila dalam kehidupan kita,” ujarnya usai menghadiri rapat koordinasi di Batam, Jum’at (1/6)

Basyid sapaan akrabnya, yang juga pimpinan Gerakan Kebangkitan Bangsa (GKB) Kepri ini berharap, dengan peringatan kelahiran Pancasila ini, bangsa Indonesia bisa menghargai karya besar para tokoh bangsa dan tidak melupakan sejarah.

“Jangan sampai kita melupakan jasa-jasa para pahlawan, mereka telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Oleh sebab itu, mari kita bangkitkan semangat pancasila untuk mempertahankan keutuhan NKRI.” tegas Basyid.

Selain itu, Basyid juga menuturkan, bangsa ini harus berkomitmen mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di semua bidang kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjadi akhlak dan pandangan hidup bangsa. “Kita juga berharap generasi muda senantiasa diingatkan dengan momentum ini, dan selalu menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda,” katanya.

Ketua Yayasan Pendidikan Haji Abdul Gani ini mengajak seluruh elemen masyarakat agar Pancasila dapat menjadi bagian kehidupan masyarakat. Dengan menekankan Pancasila pada kurikulum pendidikan di semua jenjang pendidikan.

“Pendidikan Pancasila pada anak-anak didik kita sangat penting, untuk menumbukan semangat nasionalis dan cinta tanah air kepada generasi pembelajar kita,” ujar Basyid.

Basyid yang juga calon DPR RI Dapil Kepri di Pileg 2019 ini juga menambahkan, PKB bersama dengan GBK akan selalu mengawal bersama elemen muda lain dalam proses sosialisasi dan penanaman nilai dan jiwa Pancasila generasi muda dan seluruh anggota dan kader di Provinsi Kepri.

“Perlunya penguatan kembali Pancasila kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda dan pelajar. Agar mereka mempunyai jiwa nasionalis yang kuat dan cinta terhadap NKRI,” pungkas Basyid. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close