Daerah

Hari Lahir Pancasila, Sunariah Mohammad Yusuf Ajak Kaum Perempuan Bangkit

Pemilik Hang Nadim Malay School Sunariah Mohammad Yusuf mengajak kaum perempuan di Kepulauan Riau (Kepri) untuk bangkit. Apalagi, jika menilik sejarah pembentukan Pancasila kaum perempuan juga ikut berkontribusi melahirkan pancasila saat proses persiapan kemerdekaan. Raden Ayu Maria Ulfah Santoso dan Raden Nganten Siti Sukaptinah Sunaryo adalah dua tokoh perempuan yang duduk di Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Selain itu, lanjut Sunariah, dalam Kongres Perempuan Indonesia kali pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, perempuan juga dipandang ikut berpartisipasi mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan.

“Kaum perempuan zaman sekarang harus bangkit, harus berani tampil berjuang untuk memajukan bangsa” kata Sunariah, di komplek Hang Nadim Malay School, Batam, Jum’at (1/6/2018).

Ibu dari empat orang anak ini menjelaskan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh kaum perempuan untuk berkontribusi memajukan bangsa. Kiprah peran perempuan dalam pembangunan tentu saja mutlak diperlukan, hal ini berdasarkan dari berbagai macam potensi dari kaum perempuan itu sendiri secara general maupun individual dalam pembangunan.

“Sejarah telah membuktikan bahwa wanita memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa. Saya mengajak kepada kaum perempuan di Kepri untuk bersatu, mari kita bangkit. Tunjukkan bahwa kaum perempuan bisa memajukan Kepri, ” tutup Wakil Sekretaris DPW PKB Kepri itu.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close