INDOPOLITIKA.COM – Maverick Vinales menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Amerika 2024 di Circuits Of The Americas, Austin, Texas, Sabtu (13/4) malam.

Sesi kualifikasi diawali dengan Q1 yang berlangsung selama 15 menit. Dua pembalap teratas pada sesi ini, Miguel Oliveira dan Alex Marquez, berhak mengikuti Q2.

Jorge Martin membuka drama kualifikasi Q2 ketika terjatuh pada tikungan ke-11. Martin bisa segera bangkit dan memacu kembali motor Desmosedici GP24.

Tak lama selepas Martin jatuh, Maverick Vinales membukukan waktu tercepat 2 menit 01,234 detik.

Dalam jangka waktu kira-kira dua menit Martin terjatuh. Martin mengalami crash kedua dalam kualifikasi kali ini ketika hendak melewati tikungan ke-18. Tampak tak ada luka berarti karena pembalap asal Spanyol itu bisa segera bangkit, namun motor yang digunakan tak bisa dipacu lagi sehingga Martin harus menuju garasi.

Beruntung bagi Martin karena bisa kembali mengikuti sesi kualifikasi lima menit terakhir saat para pembalap lain juga mulai memacu motor secepat mungkin.

Pembalap lain yang juga mengalami kecelakaan adalah Marco Bezzecchi. Pembalap tim Pertamina Enduro VR46 itu tak mengalami cedera serius.

Vinales kemudian mempertajam catatan waktunya menjadi 2 menit 0,864 detik.

Sang rookie Pedro Acosta sempat menempati posisi kedua dengan catatan waktu lebih lambat 0,328 detik dibanding Vinales.

Marc Marquez yang sebelumnya mencatatkan waktu tercepat kedua tergeser Acosta. Pembalap Gresini Racing itu lantas mencoba memaksimlkan sisa waktu yang ada untuk menggeber motor Desmosedici GP23 dengan kecepatan penuh.

Upaya Marquez tak bisa menggeser Acosta. Marquez menempati peringkat ketiga dan tetap akan berada di baris terdepan bersama Vinales dan Acosta.

Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2024:
1. Maverick Vinales 2 menit 0,864 detik
2. Pedro Acosta 2 menit 1,192 detik
3. Marc Marquez 2 menit 1,266 detik
4. Francesco Bagnaia 2 menit 01,352 detik
5. Enea Bastianini
6. Jorge Martin
7. Aleix Espargaro
8. Fabio Di Giannantonio
9. Franco Morbidelli
10. Marco Bezzecchi.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com