Pilkada

Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi 17 KPUD Kabupaten/Kota Se-SumSel, Herman Deru-Mawardi Yahya Unggul

Rekapitulasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumsel 2018 telah mencapai tingkat Kabupaten/Kota. Berdasar dari data perolehan suara dari hasil rekapitulasi yang dilakukan masing masing wilayah menunjukkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Herman Deru dan Mawardi Yahya berhasil mengumpulkan suara terbanyak.

Disusul oleh pasangan Dodi Reza-Giri Ramanda, selanjutnya Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin dan Aswari Rivai- Irwansyah.

Perolehan Suara Pasangan Calon Herman Deru-Mawardi Yahya dan Dodi Reza-Giri Ramanda berhasil menembus angkat 1 Juta. Keduanya juga bersaing ketat hampir di setiap daerah dan berhasil menang di wilayah basis masing masing.

Herman Deru-Mawardi Yahya menang telak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dengan mengantongi 279.187 suara. Sebaliknya, Dodi Reza Alex – Giri Ramanda juga berhasil menguasai wilayah Musi Banyuasin dengan mendapat 166.634 suara.

Secara keseluruhan dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel terdapat tiga pasangan calon yang menguasai yakni Paslon Herman Deru dengan lima wilayah, di antaranya Palembang, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, dan Prabumulih.

Paslon, Ishak Mekki- Yudha yang menguasai satu wilayah yakni Ogan Komering Ilir (OKI). Sementara Dodi Reza- Giri Ramanda menguasai 11 wilayah, yakni Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam, PALI, Muaraenim, dan OKU.

Terpisah ketua KPU Sumsel Aspahani mengungkapkan, pihaknya telah menerima hasil rekapitulasi perolehan suara Pilgub Sumsel ditingkat KPU Kabupaten/ kota se Sumsel.

Laporan di tingkat tersebut, hanya ada catatan khusus di beberapa daerah seperti Muba dan OKI, tetapi secara keseluruhan proses semuanya berjalan lancar, dan tahapan selanjutnya akan dilakukan rapat pleno rekapitulasi ditingkat KPU Sumsel.

“Sesuai jadwal 7 Juli siang kami rapat koordinasi dengan Bawaslu dan Polda Sumsel. Baru di tanggal 8 Juli kami lakukan pleno rekapitulasi di tingkat provinsi, kalau di perpanjang bisa dilaksanakan pada 9 Juli,” ungkapnya.

Selesai pleno rekapitulasi perolehan suara, akan dibuatkan berita acara, dan menunggu keberatan paslon untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Penetapan paslon pemenang masih menunggu masa sanggahan ke MK, selama 3 hari dari berita acara hasil rekap. Jika tidak ada, maka dilakukan penetapan calon terpilih,” katanya. (ts/ind)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close