Pemilu

Hasil Survei Y-Publica di Jabar V, Fadli Zon dan Adian Napitulu Bersaing

Indopolitika.com, JAKARTA – Survei Y-Publica di Dapil Jabar V memperlihatkan bahwa Fadli yang merupakan petahana di dapil ini masih memegang elektabilitas tertinggi dengan 13,3 persen. Sementara di posisi kedua ada caleg petahana lainnya. Adian Napitupulu dari PDIP dengan 10,0 persen.

Tiga posisi berikutnya diisi pendatang baru di dapil yang memiliki sembilan jatah kursi ini. Mereka adalah, Ravindra Airlangga dari Golkar (7,4 persen), Elly Rachmat Yasin dari PPP (6,8 persen).

“Kemudian caleg Partai Solidaritas Indoneisa (PSI) Fajar Riza Ul Haq dengan 4,7 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran persnya di Jakarta, pada Jumat (8/3).

Di bawah mereka berturut-turut ada, Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi (4,3 persen), caleg petahana Golkar Ichsan Firdaus (4,0 persen) dan Achmad Farial dari PPP (3,5 persen). Putri almarhum pendiri PKS Yusuf Supendi, Azmah Shoobiroh yang maju lewat PDIP melengkapi sembilan besar dapil ini dengan elektabilitas 2,6 persen.

Sementara caleg-caleg lainnya yang masih berpeluang menembus sembilan besar antara lain, petahana dari Partai Demokrat Anton Sukartono Suratto (2,5 persen), Faldo Maldini dari PAN (2,1 persen) dan Numansah Tanjung dari PDIP (2,0 persen).

Sementara itu caleg Demokrat Ferdinand Hutahaean yang kerap melontarkan serangan keras terhadap Presiden Jokowi harus puas meraih elektabilitas 0,3 persen. “Mereka yang belum menentukan pilihan masih cukup tinggi, mencapai 26,5 persen,” kata Rudi.

Ini memberi peluang bagi caleg-caleg petahana maupun pendatang baru untuk memperbesar raihan elektabilitas. “Nama-nama caleg yang lain elektabilitasnya terlalu kecil, yang jika ditotal keseluruhannya hanya tersisa 4,1 persen,” pungkas Rudi.

Jumlah responden survei ini adalah 800 orang yang mewakili tiap kecamatan di Kabupaten Bogor. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dil/jp)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close