Hati-hati! Sejumlah Aplikasi Salat-Azan Curi Data Pribadi, Ini Daftarnya

INDOPOLITIKA.COM – Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat waspada aplikasi pencuri data pribadi yang beredar di Play Store. Menurut Polda Metro ada beberapa aplikasi berbahaya bagi masyarakat.

Tercatat ada beberapa aplikasi yang melakukan pencurian data dengan model seperti ini. Siber Polda Metro Jaya menyebutkan aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 10 juta orang.

“Waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tersebut telah banyak diunduh di Play Store,” tulis akun @siberpoldametrojaya, Selasa (19/4/2022).

Sejumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store mengumpulkan data sensitif pengguna. Bahkan, lebih dari 47 juta orang telah mengunduh sejumlah aplikasi tersebut.

Padahal, data para pengguna tersebut berpotensi disalahgunakan akibat dari keamanan server atau database yang buruk.

Sejumlah aplikasi itu mencuri data melalui pengembangan perangkat lunak (SDK) pihak ketiga yang mencakup keamanan untuk menangkap konten clipboard, data GPS, alamat email, nomor telepon, alat MAC (media access control) router modem pengguna, hingga SSID (service set identifier) jaringan.

Polda Metro Jaya juga merilis daftar aplikasi di Playstore yang mencuri data pribadi.

Pertama, Speed Camera Radar yang telah diunduh 10 juta kali. Kedua, Al-Moazin Lite (Prayer Times) yang telah diunduh 10 juta kali. Ketiga, Wifi Mouse (remote control PC) yang telah diunduh 10 juta kali.

Keempat, QR & Barcode Scanner yang telah diunduh 5 juta kali. Kelima, Qibla Compass (Ramadan 2022) telah diunduh 5 juta kali. Keenam, Simple Weather & Clock Widget yang telah diunduh 1 juta kali. Ketujuh, Handcent Nex SMS-Text w/MMS yang telah diunduh 1 juta kali.

Kedelapan, Smart Kit 360 yang telah diunduh 1 juta kali. Kesembilan, Al Quran MP3- 50 Reciters & Translation Audio yang telah diunduh 1 juta kali. Kesepuluh, Full Quran MP3-50 plus Language & Translation Audio yang telah diunduh 1 juta kali. Kesebelas, Audiodroid Audio Studio DAW yang telah diunduh 1 juta kali. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *