Heboh Istri Dirut Garuda dan Kolega Diduga Ikut Rombongan Saat Angkut Moge Selundupan, Beli Tiket Ga?

  • Whatsapp
Dirut Garuda Ari Ashakara (panah merah).

INDOPOLITIKA.COM – Heboh Dirut Garuda Ari Ashkara yang diduga selundupkan Harley Davidson ikut menyeret sang istri. Pasalnya, berdasarkan manifest penumpang yang beredar di kalangan media, istri Ari beserta rombongan yang akhirnya viral dengan “geng” Toulose Perancis ada dalam pesawat Garuda A330-900. Pesawat itu diketahui yang membawa komponen Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah @divapijar72. Seperti dikutip indopolitikan.com, Sabtu, (7/12/2019). akun itu mencuit penumpang tidak tercatat sebagai penumpang umum namun crew.

Baca juga:

“Pax manivest tim penjemput Airbus A330-900 di Toulouse. Tidak dicatat dalam manivest penumpang umum tapi pakai manivest crew. Artinya mereka tidak pakai tiket & tidak bayar tax. Mereka adalah istri-istri direksi dan kolega-kolega dirut GA,” tulis akun tersebut sambil menyertakan gambar daftar manifes tersebut.

Dalam cuitanya, dia juga menyebut harusnya “geng” Toulose (lokasi pengambilan pesawat) ikut dicek juga. Kenapa bisa sampai ikut dalam rombongan itu. Ada 21 penumpang yang tercatat dalam manifest tersebut. Pesawat berangkat dari Toulouse, Prancis.

Nama mereka ada dalam manifest crew bukan penumpang. Mereka adalah direksi. Sesuatu hal yang sangat tidak lazim dan melanggar aturan. “Dan orang-orang yang ikut tidak dicatatkan dalam dok PIB atau manifest cargo, tapi langsung dibawa ke kompartment pesawat. Begitu modusnya,” jelas dia.

1. IGusti Ngurah Askhara (Direktur Utama Garuda
2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi
3. Iwan Joeniarto (Direktur Teknik dan Layanan Garuda)
4. Etty Rasfigar
5.Ratih Agustanti
6. Mohammad Iqbal (Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha)
7. Retno Bayusari Sukradewi
8. Heri Akhyar (Direktur Capital Human)
9. Widyasih Tumono
10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari
11. Lokadita Sedimesa Brahmana
12. Simon Theo Pimpin Nainggolan
13. Satyo Adi Swandhono
14. Nova Wijayanti Ponardi
15. Muhammad Fuad Rasyidi
16. Sugiono
17. Martha Emyua Taurisia
18. Judis Priastono Utama
19. Joe Surya
20. Alberto Blanco Lopez
21. Laurent Jean Yves Godin.

Sementara dalam konfrensi pers, Jumat, (6/12/2019), Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) menyebut bahwa ada nama istri direksi dalam daftar manifest crew pesawat baru Airbus 330-900 Neo yang membawa motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda Brompton dari Prancis.

“Jadi, pada pengambilan pesawat terbang itu, ada istri direksi yang ikut. Padahal setahu saya, yang boleh diikutsertakan hanya air crew dan teknik saja, tidak disertakan para istri pejabat Garuda Indonesia,” ujar Ketua Umum IKAGI Zaenal Muttaqin dalam konferensi pers yang digelar di RA Residence, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Menurut dia, pihaknya sudah kerap memperingati jajaran direksi Garuda Indonesia agar taat aturan pada penerbangan tersebut berlangsung.
“Kami di perusahaan sudah berusaha memperingati. Namun kemampuan kita terbatas sampai di situ saja,” ungkap dia.

Dia menuturkan, bahwa pihaknya selama ini tidak pernah mengalami kasus penyelundupan barang-barang tanpa izin saat pengiriman pesawat. “Seperti yang terjadi pada skandal penyelundupan. Jadi, sepanjang perjalanan saya sebagai kru itu tidak pernah kejadian seperti itu ya,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi oleh Menteri (Kemenkue) BUMN Erick Thohir dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi menjelaskan adanya kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda bermerek Brompton melalui pesawat Garuda Indonesia yang baru dibeli dari Airbus (Touluse, Perancis).{asa}

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar